Rabu, 06 Maret 2013

JAVA - Mengenal Java


Java telah lama terkenal akan ketangguhannya dan dikenal secara luas sejak tahun 1994 yang lalu. Applet-nya membuat gempar masyarakat Internet eertergoda dengan berbagai animasi dan auto dinamisnya yang tidak terkesan kaku. Banyak programmer yang kemudian berlomba-lomba mempelajarinya.


Selain applet, sebetulnya java juga dapat digunakan untuk membuat GUI (Grapical User Interface) yang dapat berjalan di sistem operasi grafis manapun, termasuk Microsoft Windows dan Linux. Untuk keperluan ini java telah menyediakan kumpulan class di dalam Java Foundation Class (JFC), dengan user interface yang dinamakan SWING.


Dengan maraknya pemakaian sistem operasi selain Windows, yang pastinya aplikasi windows yang kita buat tidak akan pernah bisa berjalan di sistem operasi yang lain, seperti Linux. Maka dari itu, Java adalah solusi terbaik. Dengan slogannya "write once run enywhere". Anda cukup sekali membuat program dan mengkopilasinya menjadi bytecode, maka semua orang bisa menikmatinya tanpa batasan platform.



Selain netral terhadap ketergantungan platform, Java memiliki banyak kelebihan, antara lain :

  • Mudah dipelajari, khususnya bagi programmer yang sudah terbiasa dengan bahasa C++ atau bahasa yang lain yang memiliki sifat berorientasi objek (OOP).
  • Kode lebih sedikit, karena Java memungkinkan kita untuk menulis program lebih sedikit dibanding bahasa yang lain.
  • Penulisan  kode yang lebih baik karena penulisan dalam bahasa yang berorientasi objek, memungkinkan kita terbiasa menulis kode dengan baik.
  • Menulis program lebih cepat, karena kelengkapan API.
  • Mudah didistribusikan dan di-update.
  • Mudah dalam hal pemeliharaan dan pengembangan karena berorientasi objek, sehingga kita tidak harus membedah isi program untuk mengubah dan mengembangkan program dengan skala lebih besar.
Kemampuan Java yang berjalan Multi-Platform tidak lepas dari keberadaan JVM (Java Virtual Machine) yang menjembatani antara bytecode (hasil kompilasi dari Java) dan hardware. Jika anda hanya berkepentingan menjalankan aplikasi Java ini, maka anda hanya cukup menginstal JRE (Java Runtime Environment). Namun jikan anda berkepentingan untuk membuat program dengan bahasa ini, dengan hanya meninstal JRE tidaklah cukup. Anda harus menginstal SDK(Software Development Kit) dimana mempunya fungsi untuk mengkopile ke bytecode yang kita bicarakan tadi. 

Sampai di sini dulu, kita lanjutkan dengan cara menginstal Java (SDK tentunya).



2 komentar: