Rabu, 09 Januari 2013

C++ - Struktur Bentuk Kode


Setelah kita tahu sekilas bahasa C++ itu apa ? dan asal usulnya bagaimana ?. Kita langsung ke tema pokok pembicaraannya saja. Sekarang struktur atau bentuk kode dari C++.

#include <iostream.h>
#include <conio.h>



void main(){
            cout<<”Ini adalah kode C++ pertama saya”;
            getch();
}


Kita bahas satu persatu.



            #include <iostream.h>

Ini adalah salah satu pengarah praprosesor yang tersedia oleh C++. Kita bisa menyebutnya header. Fungsi-fungsi yang akan digunakan harus di registrasi dulu disini.

             void main(){

     }
Ini adalah fungsi yang pertama kali dijalankan kompiler. Jika fungsi ini kosong maka kompiler tidak akan melakukan apa-apa meskipun banyak fungsi yang lain telah dibuat tapi di fungsi main tidak dipanggil.

            cout<<”Ini adalah kode C++ pertama saya”;
getch();
Baris kode ini adalah perintah yang akan dijalankan kompiler jika di run.

Saya sarankan menggunakan kompiler Borland C++ dan sejenisnya. Karena dalam tutorial ini saya akan selalu menggunakan kompiler tersebut.
Keunggulan kompiler tersebut adalah bisa langsung mengkompile tanpa melakukan penyimpanan proyek sebelumnya. Karena saya adalah orang yang suka coba-coba jadi agak malas jika tiap saya mencoba kode masih ada tahap penyimpanan.


Nah, sudah jelaskan. 

Jika belum jelas kita lanjutkan tutorial berikutnya di postingan berikutnya.


Selebihnya. Jika ada yang menambahkan, kurang jelas. Silahkan isi komentar untuk lebih lanjut. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar